Rabu, 22 Februari 2017

INSEKTISIDA MURAH TAPI HEBAT

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg
Salam Tanii !!


Bukanlah pekerjaan yang mudah untuk menentukan jenis pestisida yang tepat ketika tanaman kita terserang suatu hama atau penyakit. Diperlukan suatu pengalaman dan ketelitian untuk mengidentifikasi suatu gejala hama maupun penyakit pada tanaman kita. Karena jika tidak jeli dalam mengidentifikasi suatu hama atau penyakit tentunya akan mengakibatkan penentuan jenis pestisida yang acak atau tidak tepat. Bahkan karena tidak tahunya masih banyak petani yang ngawur dalam menentukan pestisida yang akan digunakan.

Petani adalah dokter bagi tanamannya sendiri. Apa yang dikeluhkan tanaman harus paham. Tidak bisa kita memberikan orang yang sakit perut kita kasih obat pusing kepala. Juga tidak bisa kita memberikan orang yang sakit mata kita berikan obat untuk asam urat. Oleh karena itu seperti yang pernah saya tulis di Buku Bertani Anti Gagal petani harus banyak belajar dan banyak bertanya. Belajar pada buku dan bertanya pada orang yang lebih berpengalaman.

Ada beberapa jenis pestisida yang hanya bisa mengendalikan hama atau penyakit tertentu saja. Tetapi ada juga pestisida yang memiliki spektrum luas karena mampu mengendalikan beberapa jenis hama atau penyakit. Inilah ilmu yang sulit didapat. Karena memang literatur kita (Petani Indonesia) tentang pestisida kurang lengkap. Selain itu label kemasan suatu pestisida hanyalah menunjukkan ijin yang telah diperoleh dari pemerintah tentang peruntukkannya. Saya pernah melihat suatu pestida yang sudah tidak mampu mengendalikan wereng tapi pada labelnya masih tertulis untuk mengendalikan hama wereng. Sebalikknya saya juga pernah melihat insektisida yang bisa digunakan untuk berbagai hama tapi hanya tertulis satu jenis hama sasaran saja. Mungkin ini kembali pada kemampuan, efisiensi dan strategi  perusahaan produsen pestisida tersebut  dalam melakukan perijinan. Karena memang sudah bukan rahasia umum lagi bahwa biaya perijinan suatu pestisida sangatlah mahal.

Terjadinya proses resistensi atau ketahanan atau kekebalan hama terhadap pestisida tertentu juga menjadi kendala dalam menentukan tingkat kekuatan suatu pestisida. Suatau pestisida mungkin dulu superior tapi tidak menutup kemungkinan disuatu daerah sekarang telah tidak mampu mengendalikan hama tersebut. Sebagai contoh : bahan aktif emamectin benzoat dulu sangat bagus untuk mengendalikan hama ulat Maruca testulalis (ulat kacang panjang), tetapi untuk saat ini didaerah banyumas sudah banyak petani yang mengeluh bahwa bahan aktif tersebut sudah tidak mampu lagi.
Untuk mengetahui kemampuan suatu pestisida dalam mengendalikan hama sasarannya memang diperlukan pengalaman, baik itu dari diri sendiri atau mungkin orang lain.

Pertanyaannya adakah insektisida yang murah tapi hebat ?? 
Adakah insektisida yang harganya murah tapi mampu mengendalikan berbagai jenis hama ??
Apakah masih ada insektisida yang murah tapi bisa digunakan untuk berbagai macam tanaman ??

Jawabnya pasti ada ...... 

Menurut maspary, insektisida dikatakan murah itu bukan berarti harga perbotolnya murah akan tetapi harga per satuan semprotnya yang murah. Katakanlah harga insektisida 20.000/ botol.... tetapi kalau penggunaannya 4 ml per liter ya jadi mahal kan. 

Coba kita hitung : 20.000/ botol isi 100 ml. Jadi harga per ml adalah Rp. 20.000 : 100 = Rp.200. Kalau penggunaanya 4 ml/ liter jadi harga per liter larutan adalah 4 x Rp. 200 = Rp.800. 

Kita bandingkan dengan insektisida dengan harga 100.000 tapi penggunaan per liter cuma 0,5 ml. Harga per ml nya adalah Rp.100.000 : 100 = Rp.1000. Jika penggunaanya 0,5 ml per liter maka biaya per liter larutan semprot adalah 0,5 x Rp. 1000 = Rp.5000. 

Setelah ketemu harga perliter larutan tinggal kita hitung biaya per tangki sprayer atau per drum larutan smprot. Jika harga per liter larutan adalah Rp.500 maka biaya per tangki adalah Rp. 500 x 14 = Rp 7000. (asumsi tangki isi 14 liter). Jika harga perliter larutan semprot adalah Rp.800 maka biaya semprot pertangki sprayer adalah Rp.800 x 14 = Rp.11.200

Hitungan murah juga di pertimbangkan dari daya tahan insektisida tersebut di dalaman tanaman. semakin cepat hilang ditanaman maka memerlukan penyemprotan yang lebih sering agar tanaman selalu terlindungi oleh insekisida tersebut. Itulah sebabnya insektisida dengan cara kerja sistemik biasanya harga dipasaran lebih tinggi daripada yang kontak, karena walaupun setelah penyemprotan terkena hujan (2 jam) pestisida sudah masuk dalam jaringan tanaman sehingga tidak larut tercuci air hujan.

Beberapa bulan lalu maspary telah mengulas abamectin 20 EC yang masih sangat ampuh mengendalikan hama jenis kutu baik itu trips, tungau, wereng, mizus dan apids. Selain kutu abamectin juga masih mampu mengendalikan hama jenis ulat yang masih kecil. Sekarang ini telah keluar abamectin dengan kandungan bahan aktif 50 EC. Yang secara hitungan sederhana jika digunakan dengan konsentrasi yang sama maka kemampuannya adalah 3 kalinya dengan abamectin yang ada di pasaran saat ini.

Bahan aktif abamectin bekerja secara translaminar yang bisa membunuh secara kontak dan lambung. Sehingga setelah Abamectin disemprotkan ke tanaman maka akan segera terserap kedalam daun dan batang tanaman. Jika setelah aplikasi terjadi hujan maka insektisida tidak akan tercuci oleh air hujan, dan tanaman akan tetap terlindungi oleh insektisida tersebut karena sudah masuh kedalam tanaman. Abamectin ini setelah diaplikasi ke tanaman akan mampu bertahan dalam jaringan tanaman selama kurang lebih 1 minggu.

Jika rekan-rekan ingin mengetahui lebih jauh tentang pestisida dan ilmu-ilmu pertanian lainnya silahkan baca BUKU BERTANI ANTI GAGAL yang saya tulis sendiri. Dengan membaca buku tersebut Insya Alloh akan memperkecil kegagalan usaha tani anda dan akan membuat anda paham benar tentang dasar-dasar kesuksesan bertani. Sudah banyak petani, penyuluh dan paktisi pertanian yang telah membelinya. 

Bahan aktif abamectin 50 EC ini sangat hebat jika digunakan untuk pengendalian hama-hama pada tanaman :
  1. PADI. Untuk mengendalikan hama penggerek batang (orang jawa bilang sundep dan beluk, hama merah dll), untuk segala hama wereng (abamectin 50 EC memang jagonya mengendalikan segala jenis hama kutu), untuk hama pelipat daun, hama putih dan hama-hama lainnya.
  2. CABAI. Abamectin 50 EC sudah lama menjadi andalan petani cabai untuk mengendalikan hama keriting pada tanaman cabai. Baik keriting yang disebabkan oleh trips, tungau, mizus, apids dan kutu kebul. Selain itu Amectin ini juga ampuh mencegah penyakit kuning yang ditularkan oleh kutu kebul. Ulat-ulat kecil yang menyerang cabe juga akan binasa jika terkena abamectin 50 EC ini. Untuk info lebih detail fungsi insektisida abamectin pada tanaman cabe silahkan KLIK DISINI !!
  3. KENTANG. Pada tanaman kentang, terutama hama liriomyza atau lalat daun atau ulat penggrek daun akan bersih jika kita semprot menggunakan Abamectin 50 EC ini. Selain itu tungau dan trips yang menyebabkan keriting pada tanaman kentang juga akan mati. 
  4. KUBIS. Abamectin 50 EC sangat hebat mengendalikan hama ulat lamat (Plutella sp), atau ulat gantung.
  5. KACANG PANJANG. Insektisida ini juga hebat jika kita gunakan untuk mengendalikan hama kutu dan penggerek daun pada tanaman kacang panjang. Kutu daun kacang panjang yang warnanya hitam dan menempel pada daun dan buah kacang (Apids sp). Jika hama ini menyerang biasanya juga akan datang banyak semut dan daun akan tertutup lapisan warna hitam seperti jelaga. Hama yang sering mengukir daun kacang sehingga menurunkan produksi juga mudah dikendalikan dengan insektisida ini.
  6. TIMUN. Kutu yang menyerang tanaman timun sangat mudah dikendalikan terutama oleh insektisida abamectin 50 EC ini. Baik itu kutu hitam maupun kutu putih.
  7. SEMANGKA. Abamectin 50 EC sangat ampuh mengendalikan hama trips dan tungau serta kutu lain pada tanaman semangka yang biasanya menyebabkan daun semangka menjadi keriting, ngruwel, bundel dan ngerupuk. Ulat-ulat kecil yang menggerek daun semangka sehingga  daun semangka menjadi seperti diukir juga bisa mati dengan Abamectin 50 EC.
  8. MELON. Hama pada tanaman melon juga sangat mirip dengan tanaman semangka. Maka hampir semua jenis hama pada tanaman melon akan bisa dikendalikan oleh abamectin 50 EC ini.
  9. KLENGKENG. Hama yang menyerang pucuk-pucuk daun klengkeng sehingga menyebabkan daun klengkeng yang muda (baru tumbuh) akan kering dan mati sangat mudah dikendalikan dengan insektisida ini. Caranya adalah dengan menyemprotkan Abamectin 50 EC saat  muncul tunas baru (trubus daun baru). Setelah satu minggu semprot lagi. Dengan penyemprotan dua kali biasanya tunas klengkeng yang baru tumbuh yang akan menjadi daun-daun muda akan selamat (tidak terserang hama penggerek pucuk).
  10. Serta masih banyak lagi jenis hama lain yang terdapat pada berbagai jenis tanaman yang belum sempat saya tulis pada artikel ini.
 
Abamectin 50 EC :
Merupakan insektisida dan akarisida yang bersifat racun kontak dan lambung.
Bekerja dengan cara penghambatan transmisi syaraf, yang menyebabkan paralisis.
Menghentikan proses makan dan peletakan telur hama segera setelah terkena, mati dalam beberapa hari kemudian.
Mengganggu proses pelepasan kulit larva dan pupa.
Pada waktu diaplikasikan ke tanaman bersifat translaminar, ditranslokasikan horizontal antar daun.

Selain ampuh mengendalikan berbagai jenis hama pada berbagai tanaman Abamectin 50 EC ini juga tidak menimbulkan fitotoxic (atau meracuni tanaman). Kadang ada beberapa insektisida dipasaran yang mempunyai kemampuan bagus tapi sayang juga ada efek negatifnya yaitu membuat daun tanaman kuning, kaku dan pertumbuhan terhambat. Akan tetapi kalau Abamectin 50 EC ini justru ada fitotonic efek yaitu punya efek menghijaukan dan menyuburkan tanaman. Sehingga setelah diaplikasi selain hama mati juga ada bonusnya yaitu  tanaman menjadi lebih hijau dan lebih subur serta lebih cepat pulih dari sakitnya.

Dipasaran banyak beredar insektisida abamectin, tetapi biasanya hanya mengandung bahan aktif 18-20 gr/ liter. Jelas kemampuannya hanya 1/3 nya dari abamectin ini dengan kandungan 50 gr/ liter. Dengan penggunaan sangat irit 0,3-0,5 ml/ liter larutan semprot.


Gambar : Insektisida Murah Tapi Hebat dengan bahan aktif Abamectin 50 EC






Cara penggunaan : Cukup 1/2 (setengah tutup) untuk 1 tangki sprayer,  Jika menggunakan drum 200 liter cukup pake 6 tutup saja.


Barangkali ada yang minat dengan abamectin 50 EC dengan harga murah 100.000/ 100 ml silahkan hubungi maspary (0896 5131 3234). 

Cara Pesan : Order Abamectin-Jumlah pesanan-Kecamatan-Kabupaten 

(sms ke 0896 5131 3234)

Contoh : Order Abamectin-3-Bulakamba-Brebes 

(sms ke 0896 5131 3234)


Terimakasih telah berkunjung ke GERBANG PERTANIAN, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

0 komentar:

Posting Komentar