Jumat, 27 Maret 2015

BUKU PANDUAN BERTANI ANTI GAGAL

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg



Salam Tani!   Sudah lama maspary berkeinginan membuat sebuah buku panduan bertani yang mendasar namun lengkap isinya. Karena sampai sekarang ini kayaknya belum ada buku yang memuat tentang dasar-dasar budidaya tanaman secara lengkap. Biasanya penulis hanya mengulas faktor-faktor usaha tani secara sepotong-sepotong, seperti tentang tanah saja, tentang bibit atau benih saja, tentang pupuk saja, tentang hama penyakit dan gulma tanaman saja, dll.

Hal semacam itu akan membuat petani beranggapan bahwa faktor-faktor usaha tani tersebut berjalan secara terpisah. Padahal sebenarnya tidaklah demikian, untuk mencapai keberhasilan maka semua faktor usaha tani tersebut seharusnya berjalan bersama dan saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Yah saling berkaitan dan saling mempengaruhi. Oleh karena itu sejak dua tahun yang lalu maspary mencoba menyusun sebuah buku yang mengulas peran dari faktor-faktor usaha tani tersebut, serta bagaimana kaitannya satu dengan yang lainnya. Buku dengan judul “BUKU PANDUAN BERTANI ANTI GAGAL” tersebut saya susun selengkap-lengkapnya.

Maspary hanya bisa mengucapkan rasa syukur yang sebesar-besarnya kepada Allah SWT dengan terselesaikannya buku perdana yang berjudul “BUKU PANDUAN BERTANI ANTIGAGAL” ini. Walaupun memakan waktu yang lumayan lama, akhirnya perjuangan maspary bisa selesai juga. Ternyata memang tidak mudah menulis sebuah buku. Begitu lamanya penyusunan buku ini karena maspary berharap supaya para pembaca bisa mendapatkan informasi yang lengkap tentang usaha tani. Hampir semua permasalah petani akan terkait dengan isi dalam buku ini.



 


Buku yang maspary susun tersebut merupakan hasil kumpulan informasi yang maspary peroleh selama lebih dari 15 tahun . Selama maspary bergelut dalam dunia pertanian. Buku ini kami susun berdasarkan ilmu yang kami peroleh dari hasil belajar di perguruan tinggi, hasil-hasil penelitian, hasil-hasil pelatihan, hasil-hasil study banding dan informasi pertanian lain, yang kami padukan dengan berbagai pengalaman kami dilapang selama menjadi field staff pada perusahaan benih, pestisida dan pupuk serta pengalaman maspary sebagai penyuluh pertanian.

Dengan buku tersebut maspary berharap anda bisa mendapatkan informasi yang tidak sepotong-sepotong, tetapi merupakan informasi yang lengkap tentang ilmu pertanian. Sehingga anda akan lebih mudah memahami konsep BERTANI ANTI GAGAL secara utuh. Maspary mencoba menuliskannya dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami serta disusun secara sistematis.

Budidaya tanaman apapun yang sedang anda tekuni saat ini saya pastikan anda akan terbantu dengan membaca buku ini. Bagi anda yang sedang membudidayakan tanaman padi, jagung, kedelai, singkong, ketela rambat, kacang panjang, kacang tanah, cabai, tomat, terong, timun, pisang, pepaya, durian, mangga, kelengkeng, nangka, anggur, semangka, melon dll, baik sekala kebun maupun dalam pot atau polibag di pekarangan sebaiknya membaca buku ini dulu. 

Buku ini kami susun untuk anda:
  1. Petani pemula yang ingin belajar banyak tentang pertanian
  2. Petani yang udah lama bertani tapi masih sering gagal 
  3. Petani yang ingin lebih meningkatkan hasil tanamanya 
  4. Para penyuluh pertanian (PNS, PPPK, THL-TBPP, Babinsa dan swadaya) yang ingin tambahan materi penyuluhan sehingga lebih mantab dalam mendampingi petani.
  5. Pemilik kios pertanian yang ingin ikut membina petani pelanggannya dan ingin mengetahui tentang benih, pupuk dan pestisida lebih banyak. 
  6. Para petugas lapang (formulator, field staff, agronomist dan apapun namanya) dari produsen benih, pupuk dan pestisida yang membutuhkan informasi tentang teknis-teknis pertanian praktis .
  7. Semua pihak yang ingin memahami ilmu pertanian secara sistematis dan lengkap







Cover Depan : BUKU PANDUAN BERTANI ANTI GAGAL







Cover Belakang : BUKU PANDUAN BERTANI ANTI GAGAL
 


Mungkin ada yang penasaran, sebenarnya apa saja yang maspary tulis sehingga membutuhkan waktu yang begitu lama. Agar tidak seperti membeli kucing dalam karung, berikut berbagai ilmu pertanian yang maspary tulis dalam “BUKU PANDUAN BERTANI ANTI GAGAL” :





Berkaitan dengan Tanah

1
Tanah merupakan fondasi atau modal dasar keberhasilan usaha tani. Jika tanah kita tidak subur kita perlu memperbaikinya agar tanaman bisa berproduksi maksimal. Dalam buku ini maspary mengulas tentang tehnik mengolah dan menyuburkan berbagai jenis tanah sehingga cocok untuk pertumbuhan tanaman.
2
Kami juga memperkenalkan berbagai jenis mikroorganisme tanah dan fungsinya yang sangat dibutuhkan dalam usaha tani.
3
Daftar 23 jenis tanaman dan pH tanah yang dibutuhkan agar bisa tumbuh maksimal
4
pH tanah sangatlah penting bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman maka kami tuliskan cara mengukur pH tanah dengan cara yang sangat mudah dan murah.
5
Memahami sifat-sifat tanah (kimia tanah, fisika tanah dan biologi tanah), fungsi tanah, kandungan tanah, tekstur tanah dan struktur tanah (ekologi tanah).
6
Daftar lengkap unsur hara yang dibutuhkan tanaman dan fungsinya bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman.
7
Tehnik memilih lahan/ tanah untuk usaha tani agar berhasil
8
Tehnik pengolahan tanah sesuai dengan jenis tanah dan jenis tanaman yang akan dibudidayakan
9
Tekstur tanah juga penting bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman maka kami tuliskan cara sederhana menguji tekstur tanah dengan bahan yang sangat murah.
10
Agar kita mengetahui kemampuan tanah kita menyimpan air maka kita tuliskan cara mudah menguji kemampuan tanah mengikat air
11
Udara tanah (aerasi tanah) juga sangat penting bagi tanaman, oleh karena itu kita bahas apa itu udara tanah dan bagaimana cara mengujinya dengan mudah.
12
Untuk mengetahui tingkat kesuburan tanah kita, maspary telah menuliskan cara membuat alat uji kesuburan tanah sendiri dengan mudah (alat ini merupakan ilmu warisan dari STPP Magelang)

Berkaitan dengan Pupuk

13
Dalam buku ini juga dibahas bagaimana tehnik menghemat pupuk kimia pada usaha tani.
14
Pemberian pupuk harus disesuaiakan dengan umur dan jenis tanaman. Oleh karena itu diperlukan pengetahuan tentang tehnik aplikasi pupuk berdasarkan umur dan jenis tanaman agar pupuk yang diberikan bisa lebih efektif dan efisien.
15
Cara membuat starter kompos dari batang pisang klutuk (merupakan ilmu  dari bapak Timbul Joglo Tani)
16
Kompos adalah senjata petani untuk menyuburkan tanah. Ada dua macam cara pembuatan kompos yaitu aerob dan anaerob, maspary telah membahas keduanya dan bagaimana cara membuat kompos metode aerob maupun anaerob.
17
Sebagai modal dalam pembuatan pupuk organik, maka kami sampaikan kandungan N P K dari 87 jenis bahan organik yang bisa digunakan sebagai acuan
18
Untuk bisa menghasilkan tanaman yang produktif, sehat dan berumur panjang maka kita harus mengenal seluk beluk masalah pupuk dan pemupukan. Maspary telah mengulas secara detail tentang hal tersebut.
19
Maspary juga menulis cara membuat pupuk hayati penambat nitrogen dan penyedia unsur pospat dan kalium secara sederhana dan mudah, sehingga petani benar-benar bisa menghemat penggunaan pupuk.
20
Horman tanaman juga bisa dicukupi oleh mikroorganisme tanah, maka maspary menuliskan bagaimana cara membuat pupuk hayati penyuplai hormon tanaman sehingga tanaman kita akan tumbuh lebih subur.
21
Walaupun pupuk yang kita berikan sudah lebih dari cukup tapi kalau salah dalam aplikasinya maka tanaman tidak bisa menyerapnya secara maksimal. Maka dalam buku ini maspary mengulas tehnik cara-cara pemupukan yang benar
22
Hati-hati sekarang banyak sekali beredar di kios-kios pertanian pupuk organik yang jeleh kualitasnya. Oleh karena itu agar kita tidak mudah tertipu maspary tuliskan bagaimana cara mengetahui ciri-ciri pupuk organik yang bagus dan layak digunakan untuk bertani. Hal ini juga bermanfaat untuk melihat sejauh mana kualitas pupuk organik buatan kita sendiri.
23
Seringkali dalam kemasan pestisida dan pupuk tidak tercantum lengkap berapa dosis yang harus digunakan. Petani sering bingung menentukan jumlah takaran pestisida atau pupuk yang akan digunakan. Oleh karena itu maspary mengulas bagaimana cara menghitung kebutuhan dosis dan konsentrasi pupuk dan pestisida. Maspary juga melengkapi bagaimana cara melakukan kalibrasi untuk menghitung kebutuhan pestisida dan pupuk pada suatu lahan pertanaman.
24
Jamur Trichoderma sp adalah pupuk dan fungisida biologis yang sangat bermanfaat bagi petani. Maka maspary mengulasnya secara detail termasuk bagaimana cara mengembangkan jamur Trichodema sp (Trichoderma merupakan best seller produk Gerbang Pertanian)
25
Kalau ingin membuat bakteri yang bisa menyuburkan tanaman dengan mudah maka silahkan baca buku ini, karena didalamnya maspary telah mengulas bagaimana cara membuat PGPR (pupuk hayati pemacu tumbuh dan pencegah layu tanaman). PGPR juga merupakan produk laris manis di Gerbang Pertanian.
26
Cara membuat organic biofertilizer padat. Pupuk ini biasa dijual dikios-kios pertanian. Setelah membaca buku ini anda nggak usah beli lagi.
27
Selain yang padat organic biofertilizer juga ada yang cair. Maspary juga mengulas bagaimana cara membuat organic biofertilizer cair. Kalau di toko-toko pertanian pupuk ini biasa disebut dengan POC (pupuk organik cair).
28
MOL atau mikroorganisme lokal merupakan pupuk dan stater kompos yang sangat mudah dibuat oleh petani. Dalam buku ini Maspary telah mengulas cara membuat 8 jenis MOL unggulan. Selain itu juga dibahas tentang dasar-dasar pembuatan MOL dan mengapa petani sering gagal membuat MOL, apa sebenarnya penyebabnya ?
29
Cara membuat nutrisi organik tanaman. Anda pasti akan terkejut ternyata dengan cara yang sangat mudah dan sederhana kita ternyata bisa membuat nutrisi tanaman sendiri. Seperti pupuk cair yang dijual dikios-kios pertanian, nutrisi ini kita semprotkan ke daun dan batang tanaman dengan konsentrasi yang rendah (hanya 1-5 cc/ liter) saja. Dalam pembuatan nutrisi ini kita bisa mengatur kandungan unsur N, P dan K nya
30
Pupuk kimia bersubsidi (urea, ponska SP36, Pelangi dll) semakin mahal dan terkadang sulit dicari. Oleh karena itu dalam buku ini maspary mengulas bagaimana cara membuat pupuk organik cair penghemat pupuk kimia. Ini merupakan ilmu hasil penelitian salah satu dosen saya di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.
31
Dikios pertanian banyak dijual berbagai booster padi yang harganya biasanya cukup mahal dan bukan organik. Kita bisa menghemat biaya produksi dengan cara membuat booster padi organik sendiri dengan mudah setelah membaca buku ini.

Berkaitan dengan Hormon/ ZPT

32
Hormon atau ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) tanaman sangat penting diketahui oleh petani. Oleh karena itu dalam buku ini maspary mengulas berbagai macam jenis hormon atau Zat Pengatur Tumbuh tanaman. Seperti fungsi hormon, cara kerja hormon dan ketersediaannya dalam bagian tanaman.
33
Maspary tuliskan cara membuat hormon (ZPT) tanaman dari bahan-bahan nabati. Maspary juga menuliskan berbagai jenis bahan nabati yang mengandung hormon tanaman agar pembaca mudah memilihnya untuk diambil hormonnya.
34
Ternyata menkombinasi hormon tanaman tidak boleh sembarangan. Oleh karena itu maspary juga mengulas tentang teknis mengkombinasi berbagai jenis hormon (ZPT) tanaman agar bisa memberi dampak pertumbuhan yang maksimal.
35
Yang tidak kalah penting adalah maspary juga mengulas bagaimana cara pemberian hormon yang tepat pada tanaman. Karena kesalahan pemberian hormon atau ZPT justru akan merusak tanaman.

Bekaitan dengan Iklim/ Cuaca

36
Setiap tanaman memerlukan kondisi iklim tertentu untuk memaksimalkan produksi. Dalam buku ini maspary mengulas tentang hubungan iklim dengan tanaman terutama bagaimana tehnik menentukan jenis tanaman yang tepat sesuai dengan ketinggian tempatnya. Selain itu juga dibahas tentang hubungan iklim dengan kesuburan tanah.
37
Buku ini juga berisi cara membaca dan mengelola iklim/ cuaca secara benar. Hal ini sangat diperlukan petani untuk bisa mengindari resiko kegagalan.
38
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan meminimalkan serangan hama penyakit maka dalam bertani perlu menentukan waktu tanam yang tepat. Oleh karena itu kita ulas bagaimana cara menentukan waktu tanam yang tepat dalam buku ini agar petani memperoleh kemudahan dalam bertani.

Berhubungan dengan Tanaman

39
Bibit atau benih merupakan modal dasar bertani. Maka maspary ulas bagaimana teknis menguji/ memilih bibit yang berkualitas
40
Dalam buku ini juga dibahas bagaimana cara mendiaknosa gejala kekurangan unsur hara pada tanaman
41
Tanaman memiliki struktur tubuh tersendiri, maka kita perlu mengenal bagian-bagian tanaman beserta fungsinya agar bisa memahami proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman secara benar.
42
Selain itu juga dibahas bagaimana cara memperlakukan tanaman sesuai dengan fase pertumbuhan dan perkembangannya.
43
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita perlu mengenal faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Maka dalam buku ini maspary juga mengulas faktor-faktor tersebut.

Berhubungan dengan Hama, Penyakit dan Gulma

44
Setiap jenis tanaman tidak bisa terlepas dari serangan hama, penyakit dan gulma. Ketiganya sangat potensial menghambat produksi tanaman bahkan bisa menimbulkan kegagalan usaha tani. Oleh karena itu dalam buku dibahas secara mendetail tentang pengelompokan hama, penyakit dan gulma.
45
Agar kita bisa mengendalikan serangan hama dan penyakit maka kita perlu mengetahui gejalanya. Oleh karena itu maspary telah membahas dalam buku ini bagaimana tehnik mengidentifikasi gejala serangan hama dan penyakit  tanaman sehingga kita bisa mengenali jenis hama atau penyakit yang akan kita kendalikan.
46
Dalam buku ini maspary membahas secara lengkap berbagai macam tehnik pengendalian hama, penyakit dan gulma tanaman yang bisa anda pilih sesuai dengan kondisi setempat.
47
Membahas tentang kunci keberhasilan dalam mengendalikan hama, penyakit dan gulma tanaman yang tidak akan pernah anda temukan dalam buku manapun.

Berhubungan dengan Pestisida

48
Aplikasi pestisida yang sembarangan akan mengakibatkan dampak yang tidak baik bagi tanaman, lingkungan dan bagi hama itu sendiri. Oleh karena itu kami ulas tentang tehnik aplikasi pestisida yang aman dan tidak menimbulkan kekebalan hama.
49
Layu tanaman merupakan penyakit yang sangat umum pada semua jenis tanaman. Penyakit ini tidak bisa diobati dengan bahan kimia tetapi harus dicegah dengan agensia hayati. Dalam buku ini telah ditulis bagaimana tehnik membuat obat layu tanaman dengan cara yang mudah yang bisa dibuat oleh petani sendiri.
50
Terkadang kita masih bingung untuk mengkombinasi atau mencampur pestisida. Karena terkadang pencampuran yang tidak tepat justru mengakibatkan pestisida saling melemahkan, bahkan bisa menjadikan racun bagi tanaman. Selain itu pasti mengakibatkan pemborosan. Oleh karena itu maspary mencoba mengulas bagaimana tehnik mencampur atau menge-mix pestisida agar pestisida yang dicampur saling menguatkan dan menghemat tenaga kerja.
51
Bagi para pecinta pestisida nabati (petani organik) kita telah memberikan daftar 45 jenis tanaman dan kandungan bahan racunnya yang bisa kita gunakan sebagai pestisida nabati
52
Jika terjadi serangan hama petani masih sering bingung menentukan jenis pestisida kimia yang harus disemprotkan. Oleh karena itu maspary tuliskan daftar berbagai macam hama tanaman dan nama-nama insektisida yang masih efektif untuk mengendalikannya. Ilmu ini tidak akan anda dapatkan dalam buku lain.
53
Seperti halnya hama tanaman kami juga memberikan daftar berbagai macam penyakit tanaman yang disebabkan oleh jamur dan nama-nama fungisida yang masih efektif untuk mengendalikannya. Ilmu ini hanya akan anda dapatkan dalam buku ini.
54
Dalam buku ini juga kami tuliskan daftar berbagai macam bakterisida yang masih efektif untuk mengendalikan penyakit tanaman yang disebabkan oleh bakteri.
55
Kesalahan penentuan jenis herbisida bisa membahayakan tanaman pokok. Oleh karena itu maspary juga mengulas tentang berbagai jenis gulma tanaman dan nama-nama herbisida yang efektif  mengendalikannya.
56
Berdasarkan cara kerjanya pestisida dibagi beberapa golongan. Dalam buku ini maspary mengulas tentang penggolongan jenis-jenis insektisida, fungisida, bakterisida dan herbisida. Dengan ulasan tersebut diharapkan petani bisa memilih dengan mudah pestisida apa yang akan digunakan.
57
Dalam buku ini maspary menuliskan cara membuat pestisida nabati sapu jagad, yaitu pestisida yang mampu mengendalikan jamur, bakteri dan hama sekaligus. Cara membuatnya sangat mudah dan bahannya juga mudah didapat. Pestisida ini sangat bagus untuk pencegahan dini berbagai macam OPT.
58
Selain itu dalam buku ini maspary juga menuliskan cara membuat herbisida (racun rumput) ramah lingkungan.

Berhubungan dengan Panen, Pasca Panen dan Pemasaran

59
Ketepatan waktu panen sangat menentukan kualitas dan kuantitas hasil. Dalam buku ini diulas tentang tehnik menentukan waktu dan cara pemanenan hasil pertanian yang tepat
60
Setiap komoditas pertanian memerlukan tehnik penanganan yang tepat supaya kualitas hasil panen terjaga dan bisa dipasarkan atau disimpan lebih lama. Oleh karena itu maspary juga membahas tentang berbagai macam tehnik penanganan pasca panen pada berbagai macam komoditas pertanian
61
Harga produksi pertanian sangat dikendalikan oleh pasar. Petani sendiri tidak bisa menentukan harga dagangannya. Maka disini kami ulas berbagai tehnik memasarkan hasil panen agar petani bisa memaksimalkan keuntungan.
62
Harga hasil panen (produksi pertanian) selalu berubah-ubah tidak menentu dan sulit ditebak. Petani sangat dirugikan dalam hal ini, karena saat panen raya harga pasti anjlok. Sedang saat nggak punya panenan harga justru selangit. Dalam buku ini Maspary telah menuliskan berbagai pengalaman cara memprediksi harga panen. Sehingga dengan cara tersebut kita bisa panen pada saat harga tinggi.
63
Jika kita panen pada saat harga murah sungguh sangat mengecewakan hati. Apalagi saat produksi tidak maksimal semakin memperparah kerugian. Oleh karena itu maspary mencoba berbagi pengalaman tentang cara mengatasi harga murah tersebut, agar kita bisa mendapatkan harga yang layak pada hasil panen kita.

Berhubungan dengan Produksi

64
Dalam buku ini maspary telah memaparkan tentang 8 kunci keberhasilan dalam usaha tani agar kita terhindar dari kegagalan. Insya Alloh 8 kunci tersebut tidak akan anda dapatkan dalam buku lain.
65
Selain kecerdasan intelektual petani Indonesia juga memerlukan kecerdasan spiritual untuk menggapai keberhasilan. Paling tidak petani memerlukan 10 sikap mental jika ingin benar-benar sukses. Maspary menyebutnya sebagai the spirit of farmers successful dan telah dipaparkan lengkap dalam buku ini.
66
Petani sangat memerlukan resep-resep yang sederhana dan aplikatif untuk mendukung usaha taninya. Oleh karena itu dalam buku ini telah dituliskan 23 resep praktis pendukung bertani anti gagal, sehingga anda bisa menyulap barang-barang murah (kadang tidak terpakai) disekitar rumah menjadi bermanfaat untuk usaha tani dan tentunya harus aman bagi lingkungan, tanaman dan manusia.
67
Untuk bisa mencapai keberhasilan bertani maka kita harus memahami filosofi dan konsep bertani anti gagal. Dalam buku ini telah dibahas tentang filosofi dan konsep tersebut, sehingga anda bisa memahami apa sebenarnya kunci kesuksesan dalam bertani.
68
Berdasarkan pengalaman maspary petani sering melakukan kebiasaan yang salah sehingga bisa menyebabkan kegagalan. Kebiasaan-kebiasaan tersebut telah maspary rangkum dan kami sajikan dalam bentuk tabel. Daftar kebiasaan petani yang salah dan akibat yang ditimbulkannya serta solusi untuk mengatasinya juga telah kami lampirkan dalam buku ini. Setelah membacanya, kami berharap anda bisa menghindari kesalahan-kesalahan dalam bertani tersebut.
69
Biaya produksi usaha tani yang mahal sudah bukan rahasia lagi. Insya Alloh setelah membaca buku ini maka anda akan menemukan tehnik bertani hemat biaya dengan hasil panen yang berlimpah dan sehat bagi konsumen dan lingkungan.
70
Setelah membaca, memahami dan melaksanakan buku ini,  anda akan bisa bertani secara cerdas intelektual dan cerdas spiritual yang mampu menghasilkan hasil panen yang berlimpah, sehat dan berkesinambungan (terus menerus).

Sebenarnya bukan hanya itu saja, 
masih banyak informasi pertanian yang tidak bisa kami tampilkan dalam tabel tersebut karena takut terlalu panjang artikel ini



Semua ilmu yang sangat bermanfaat bagi petani tersebut telah dikemas menjadi satu buku yang disusun secara sistematis dan disampaikan dengan bahasa yang sederhana. Buku dengan judul “BUKU PANDUAN BERTANI ANTI GAGAL” tersebut terdiri dari 560 halaman (buku yang lumayan tebal 3 cm dan cukup berat hampir 1 kg). Dengan ukuran buku yang cukup besar 19 cm x 28 cm. Buku ini menggunakan kertas jenis bookpaper (kertas impor), sehingga tidak menyebabkan mata cepat lelah saat membacanya. Buku tersebut sangat minim gambar (terlalu banyak gambar boros halaman).


Sehingga bisa diibaratkan buku tersebut isinya daging semua.







Cara Pemesanan
 
Bagi anda yang merasa membutuhkan “BUKU PANDUAN BERTANI ANTI GAGAL” tersebut silahkan melakukan order (pesanan) ke maspary 08122630297 (Whatsapp)

Dengan fomat :


Order – BPBAG – Jumlah pesanan – di kirim ke : Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi

Contoh :

Order – BPBAG – 5 – Kec. Sokaraja Kab. Purbalingga Prov. Jawa Tengah

 
Jangan lupa WA kan order (pesanan) terebut ke 08122630297
Setelah WA anda tersebut masuk ke HP maspary segera akan kami kirim WA balasan harga buku, ongkos kirimnya.




Spesial Bonus
Setelah membeli “BUKU PANDUAN BERTANI ANTI GAGAL” anda berhak mendapat spesial bonus yang akan kami kirim langsung lewat WA. Dapatkan 3 buah E-book spesial yang sangat penting untuk usaha tani anda secara gratis,  yaitu:
1.  
  1. Daftar 2.475 jenis pestisida, bahan aktifnya serta kegunaannya (672 halaman). Sekarang ini jenis pestisida yang beredar di pasaran sangatlah banyak sehingga petani sering dibuat bingung.  Dengan buku ini anda dengan mudah bisa memilih secara tepat pestisida (insektisida, fungisida, bakterisida dll) yang anda perlukan. 
  2. Fungisida dan bakterisida alami oleh Panut Djojosumarto (30 halaman) 
  3. Insektisida dan akarisida alami  oleh Panut Djojosumarto (40 halaman)


Gambar : halaman terakhir Bonus e-book daftar 2.475 pestisida 
Lihat jumlah pestisida (lingkaran merah) dan jumlah halaman buku (kotak merah)


Bonus Tambahan
Selain mendapatkan spesial bonus dari pembelian Buku Bertani Anti Gagal, anda juga berhak mendapatkan bonus tambahan berupa ebook-ebook penting lainnya :
1.  
1. E-book Elisitor Nuswantara Biosaka yang ditulis oleh penemu biosaka dan Prof. Robert Manurung, M.Eng dkk (384 halaman)



2. E-book Budidaya Jeruk
3. E-book pertanian lainnya..



Terimaksih
Hasil penjualan buku ini sebagian akan kami sumbangkan kepada anak-anak yatim, anak-anak yang membutuhkan bantuan biaya,  orang-orang tidak mampu dan untuk kegiatan amal ibadah lainnya yang insya Allah akan bermanfaat sebagai tabungan amal untuk bekal kita di akherat. Semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita semua.
Amiin...








Harga buku  belum ongkos kirim :



cetakan pertama
Rp.200.000  (sudah habis)



cetakan kedua
Rp.220.000  (sudah habis)




cetakan ketiga
Rp.230.000 



(maaf harga sewaktu-waktu bisa naik lagi menyesuaikan biaya cetak)






Cara Pemesanan
 
Jika anda merasa membutuhkan ilmu yang ada dalam “BUKU PANDUAN BERTANI ANTI GAGAL”  tersebut silahkan melakukan order (pesanan) 

Dengan fomat :



Order – BPBAG – Jumlah pesanan – di kirim ke : Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi


Contoh :

Order – BPBAG – 5 – Kec. Sokaraja Kab. Purbalingga Prov. Jawa Tengah 

 
Jangan lupa order (pesanan) terebut melalui  08122630297  (Whatsapp)
Mohon maaf kami tidak menerima orderan/ pertanyaan lewat telpon.


Terimakasih telah berkunjung ke GERBANG PERTANIAN, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

86 komentar:

Anonim mengatakan...

sy merasa tersanjung dan bangga bisa memiliki buku BPBAG ini terlebih cetakan pertama, sy bangga karena sy anak petani yg merantau ke balikpapan walaupun sy bukan berprofesi sebagai petani..sy senang bisa berbuat walau hanya sedikit demi kemajuan petani indonesia..karena sy prihatan melihat anak cucu kita yg tiap hari makan dr pupuk kimia..semua serba kimia..kalo kita lihat rumah sakit sekarang penuh pasien..karena gempuran zat2 kimia yg kita makan..ayo galakkan pertanian organik demi menjaga keberlangsung generasi penerus kita..salam sukses masPary..
Nama: Partono Sarbi
Email: partonosarbi@yahoo.com
Kota tinggal: Balikpapan

Anonim mengatakan...

BPBAG isinya komplit sangat bagus, efektif & efisien guna budidaya pertanian, mudah dilakukan, sangat bermanfaat bagi petani. Bonus sdh masuk dan sdh saya print. Trimakasih kirimanya
Ag Suharno. agus_suharno12@yahoo.co.id Solo-Jateng.

Anonim mengatakan...

hebat & salut buat gerbang pertanian telah menyelesaikan buku bertani anti gagal. Rekomend buat tmn2 "subur" semua. Gak nyesel deh. + 2.475 daftar pestisida lg. Salut
Nama Dydy winardi email dydy.sharronwinardi@gmail.com kota jakarta

Anonim mengatakan...

terimakasih mas, buku PBAG sangat membantu & menambah semangat saya dlm menjalankan pekerjaan saya sebagai seorang petani, karna dngan membaca buku itu saya jd tau bnyk hal tntng pertanian, semoga buku tersebut bisa menjadi perantara bagi petani indonesia mencapai keberhasilan dlm menjalankan usaha taninya.
catatan : sayangnya saya hanya petani kecil yang tdk punya komputer, sehingga sangat jarang sekali membuka email. Dan jika bonus 3ebook tsb saya dptkan, saya agak kesulitan mempelajarinya....
Nama : jangkep priyono
email : japriyambalica@gmail.com
alamat : ambal, kebumen

Anonim mengatakan...


BPBAG menjadi PPL dalam bertani untuk menjadi petani yg cerdas dan sukses menghadapi masalah pertanian
Zainulhasan
kengzen91@gmail.com
Situbondo, JATIM

Anonim mengatakan...

Terima kasih buku sdh sy terima, sy tunggu bonus 3 e-book. semoga buku ini menjadi salah satu pedoman dalam menjalankan usaha budidaya pertanian, amiin.
nama : ir achmad zaki
email : achmadzaki_51@yahoo.com ngawi jatim

Anonim mengatakan...

saya yg baru terjun di dunia tanam menanam sangat terbantu dengan buku BPBAG karya Maspary yg isinya mudah dipahami & aplikatif, sangat ditunggu untuk karya-karya selanjutnya.
Soebinarto, pingjtm@yahoo.co.id , Banyuwangi,

Anonim mengatakan...

Sebagai pemula saya terbantu dengan cara bertani lewat buku BPBAG. Sangat praktis dan mudah dipahami isinya. Menjadikan saya lebih semangat dalam bertani, salam sukses pertanian.
Nama:Johny sendow
Email:johny.sendow@gmail.com
Kota:samarinda

Anonim mengatakan...


Bukunya sangat bermanfaat sekali.isi dan penjabarannya singat dan mudah untuk dipahami Dan dimengerti sehingga untuk para petani bisa dengan mudah untuk mempraktekkan dilapangan.dengan demikian akan meningkatkan pengetahuan petani untuk mencapai keberhasilannya
AgusMartin
martinchonanjaya@yahoo.com alamat sekampung lampung timur.

Anonim mengatakan...

Dengan buku ini, insyaAllah semakin memotifasi kami untuk bertani dengan baik dan benar, karena didalamnya terdapat banyak ilmu dan faedah yg kami peroleh, semoga memberi berkah atas ilmunya maspary,
salam petani desa.
taufikhidayat
opipenjassd@gmail.com
kec.mare kab.bone

Anonim mengatakan...

bukunya T.O.P bgt deh....kuomplit dari A sampai Z
makasih maspary
andik prasetyo
prasetyo.ebril@gmail.com
luwuk banggai Sulawesi tengah

Anonim mengatakan...


Terima kasih atas terciptanya buku panduan bertani anti GAGAL yg di tulis oleh pak maspary. Saya merasa sangat terbantu dengan buku tersebut.Isi bukunya mudah di cerna meskipun yg baca baru belajar bertani seperti saya.trimakasih semoga buku bapak jadi ladang amal jariyah amin..
suhariyanto
brother_cel@yahoo.co.id
jln.raya jember no.10 ds.dadapan grujugan bondowoso jatim.

Anonim mengatakan...


"BPBAG tdk hanya sekedar panduan praktis di lapangan tetapi memuat dasar pemikiran yg mudah dimengerti tentang apa saja yg harus dimengerti secara keseluruhan agar bertani tidak gagal. Ini menurut saya yg berbeda dgn buku lainnya yg hanya sepotong2 menerangkan masalah bertani. Resep2 yg bisa kita buat sendiri sangat mendukung untuk kita lebih mandiri dlm bertani. Semoga kita sukses, produktivitas pertanian kita meningkat secara berkelanjutan, petani sejahtera.
Abdullah,A.Md.
PPL Dinas pertanian peternakan & ketahanan pangan kab. Kepulauan meranti-riau.
Email: abdullahkarimun@gmail.com

Anonim mengatakan...

buku panduan bertani anti gagal ini benar2 telah memberikan wawasan yg sangat luas,sehingga kita mengerti apa yg dibtuhkan oleh tanah dan tumbuhn itu sendiri. l like this book
hajjisaifulfahmi@yahoo.com

Anonim mengatakan...

Buku yang luar biasa..
back to basic, hal-hal yang selama ini membingungkan saya, terjawab sudah. Kalau boleh, buku BPBAG ini akan saya rekomendasikan untuk teman-teman saya yang hobi berkebun/menanam..
sukses petani Indonesia,
maturnuwun Maspary (y)
Muhadi
email: hadimu77@gmail.com
Bekasi.

Anonim mengatakan...

Setelah membaca berulang-ulang buku ini saya menjadi lebih yakin bahwa usaha tani saya lebih meningkat berkat pengetahuan yg saya dapat dari BPBAG,
trimakasih gerbang pertanian
SUWARDI
suwardi9901@gmail.com
kab cirebon

Cah Barongan mengatakan...

alhamdulillah buku yang ku tunggu-tunggu akhirnya datang juga, saya senang bisa memiliki BPBAG ini semoga dapat saya manfaatkan. dan kepada penulis semoga tulisannya ini bisa memajukan pertanian di Indonesia dan manfaat di dunia dan akhirat amien

Anonim mengatakan...

Cukup bermanfaat dan aplikatif dengan adanya tambahan resep-resep dalam buku ini. Terima kasih.
Zulfikar A.
e-mail : zneznela@gmail.com
NTB

Anonim mengatakan...

menarik sekali dan bermanfaat
sumiharjo.
pujonoharto@gmail.com
yogyakarta

Anonim mengatakan...

Semua isi buku penuh manfaat panduan lengkap untuk petani dengan bahasa yang enak untk di baca. Good luck.
JONO
jono.jono@live.com
PATI

Anonim mengatakan...

sy dkk mendirikan gerakan Pertanian Organik yg timbul sbg keprihatinan teman2 petani yg tdk tahu/tdk mau tahu ttg gara2 ulahnya meracuni sesama/generasi penerus dan meninggalkan/mewariskan bumi (titipan) yg rusak
ini buku yg aku tunggu2, khusus
Oh ya gerakan kami, kami namakan GO- HS (gerakan organik hidup sehat), sy sdg baca awal (filosofi) wah rasanya pengin sgr melahap semua isinya, he he saking nafsunya. Klo boleh disamping bonusnya kirimin surah al qoshosh nya, bhs arab yg ditulis latin, sbg bahan sosialisasi, syukur ada surat2 yg lain. Trims.
PURWITO
Email : Ponk1955@yahoo.co.id
Ungaran, Kabupaten Semarang

Anonim mengatakan...

Terima kasih Mas... buku panduan Bertani anti Gagal sangat membantu kami, sebagai petani pemula yg masih sangat minim pengetahuan tentang cara bertani moderen. Jadi sbg info..dari kami tentang Buku panduan Bertani Anti Gagal. mungkin lebih menunjang lagi kualitas bukunya kalau ada gambar2 berwarna berbagai jenis hama dan peristwa penyerangannya terhadap tanaman.!! by harianto palopo .
Email . hariantopatangnga @gmail.com.

Anonim mengatakan...

saya merasa terbantu untuk dpt bertani dengan BPBAG,isinya komplit , kalau petani bisa menerapkan ilmu dari buku tsb pasti jadi petani yg terpaksa kaya
Nama: aan nasrudin, e-mail moro_artos@yahoo.co.id, tinggal di kuningan jawa barat ,

amier mengatakan...

saya dari malaysia, bagaimana nak dapatkan buku bertani anti gagal ini dan baja NF.durian

Anonim mengatakan...

alhamdulillah buku yg saya idamkan sampai juga, saya merasa senang dg kehadiran buku BPBAG ini dg harapan semoga sy dpt lebih bnyak lg belajar dan sbgai pdoman dlm bertani karena pd saat ini sy baru belajar bertani, terimakasih maspary smoga apa yg bpk tulis ini dpt memberikan kmanfaatan dan kmajuan petani indonesia. Dan khususnya selalu mendapatkan rahmat dan taufik dari allah swt amien
Burhanudin mubarok
qboenk@gmail.com
indramayu jawa barat

Anonim mengatakan...

Buku BPBAG ini memang layak untuk dibaca, bagi seluruh petani Indonesia,wajib membaca buku ini agar lebih sukses lg dlm bertani.
Nama:MASHUDI
Email: hoeds37@yahoo.co.id
Kota:JEMBER

Anonim mengatakan...

alhamdulillah buku yang saya tunggu sudah datang, setelah baca-baca saya sangat tertarik untuk mendalami isi buku ini, semoga bermanfaat bagi sya sebagai petani pemula. Trimakasih MasPary
Salam tani !
Nama : sri widayani
Email : natawiharta@gmail.com
Kota tempat tinggal : tambakdahan, subang

Anonim mengatakan...

Alhamdulillah dengan izin allah dg perantara maspary melalui bukunya kita bisa tau bhwa di sekitar kita banyak sekali barang yg tdk berguna atau bisa d katakan sampah bisa kita manfaatkan untuk kemajuan pertanian kita tanpa harus memakai bahan kimia
Trimakash maspary semoga amal ibadahmu d trima allah aamiin...
Nama :afifurohman
E-mail :afiana.mbelluz@gmail.com
Kota :banyuwangi

Anonim mengatakan...

BPBAG Merupakan kitab panduan terlengkap untuk wirausaha tani mandiri. Trims maspary atas ilmunya, mudah2an barokah.
Eko wibowo
Hobbytani@gmail.com
Tanah grogot kaltim

Anonim mengatakan...

Terimaksih atas ilmu2 yg terangkum dlm bpbag mas pary, buku ini sangat bermanfaat sekali dan memiliki buku ini membuat saya lebih termotivasi utk lebih fokus lagi dalam dunia tani. sukses selalu.
Indra suryadi
isadewa81@gmail.com
Subulussalam-ACEH.

Anonim mengatakan...

ass...buku BPBAG luar biasa , saya baca bolak balik biar paham dan bisa dipraktekan dan ditularkan kepada petani lain. teruslah berkarya demi kemajuan pertanian indonesia. Ku tunggu bonus e-book spesialnya. Wass
Muksin harris,
email : ariesmedika15@gmail.com Kab. Pemalang.

Anonim mengatakan...

setelah memiliki dan baca BPBAG. Pengetahun sy tentang pertanian banyak manfaat bagi sy.
B.K.WIRJNO,
E-mail bkusnowirjono @ gmail.com, Medan,

Anonim mengatakan...


Buku ini sangat-sangat membantu sekali. Dan saya sarankan apapun yg anda tanam,bacalah buku "BPBAG"(Buku Panduan Bertani Anti Gagal)
Nama :Sunardi
kota:Madiun
email:Thykatheeya@gmail.com
email alamat anak saya mas sekali lagi makasih bukunya mas pary

Anonim mengatakan...

ALHAMDULILLAH SY MENEMUKAN BUKU BPBAG TAMPILAN MEMUKAU ISINYA PENUH SOLUSI
FATCHUR ROHMAN, F47URTHL@GMAIL.COM,
JOMBANG,

Anonim mengatakan...

buku panduan bertani anti gagal ini benar-benar telah memberikan wawasan yg sangat luas, sehingga kita mengerti apa yg dibutuhkan oleh tanah dan tumbuhn itu sendiri.
l like this book
Hajjisaefulfahmi@yahoo.com

Anonim mengatakan...

BPBAG buku yang lengkap mencakup semua aspek yang menjadi syarat suksesnya usaha tani, dari yang bersifat teknis hingga masalah spiritual.. BPBAG wajib dibaca semua orang yg ingin sukses bertani... Terimakasih Maspary atas ilmunya, semoga menjadi amal jariyah bagi anda...
Nama: Susilo Nugroho
E-mail: silonug@yahoo.com
Alamat: Banyuwangi

Anonim mengatakan...

BUKU BERTANI ANTI GAGAL COCOK BUAT PETANI PEMULA SPT SAYA YANG INGIN MENGUBAH CARA BERTANI DARI KIMIA KE ORGANIK KARENA DISINI DI JELASKAN SEMUA CARA BERTANI MULAI A-Z DAN BANYAK JUGA RESEP2 PENDUKUNG
SUHARIYANTO eMAIL:
SUHU.HARIYANTO@YAHOO.COM
KOTA BANYUWANGI

Anonim mengatakan...

BPBAG Sangat buagus mas pary sangat membantu dlm dunia pertanian, kami bisa belajar dgn runut dr awal sampai akhir ,gamblang penjelasan, lebih mudah terfahami karna bahasa yg bgitu simple tp jelas sangat cocok /u pemula, untung bisa punya buku ini, ayo tmn2 yg blm punya cpt ambil ..gak bkl nyesel lo, bahkan bisa nyesel klo gak punya hehehe.
trima kasih mas pary hehehe
ARDHA BAYU HABIBULLOH -AQROM354HABIBB@GMAIL.COM-BANYUWANGI-ALHAMDULILLAH

Anonim mengatakan...

"Saya dan Suami sedang mengembangkan pertanian organik di daerah kami dan belajar mengenai pertanian organik dari berbagai sumber, Alhamdulillah menemukan Buku Panduan Bertani Anti Gagal ini yang memuat segala materi yang sedang kami pelajari dengan sangat lengkap dan mudah untuk dipahami.Terima kasih kepada Maspary dan Gerbang Pertanian yang telah menerbitkan BPBAG ini, kami merasa sangat terbantu dengan semua materi yang ada dalam buku ini".
Nurlia S.Pd.,M.Ag., nurliasutisna@yahoo.com, Garut - Jawa Barat,

Anonim mengatakan...

Buku yang saya beli ini sagat bagus dan banyak sekali materi yg saya belum ketahui namun saya senang dengan pertanian mungkin jika tidak ada buku ini nantinya saya akan gagal karena saya belum tau seluk beluknya bertani yang sesungguhnya..
Terima kasih mas...
Saya semakin mantap mengambil jurusan pertanian..
Nurhadi
Nurhadi.hadi3388630@facebook.com
Kota pekanbaru(desa sari galuh kec.tapung kab.kampar)

Anonim mengatakan...

alhamdulillah, senang sekali akhirnya saya dapat buku BPBAG dari mas pary. Dg buku ini diharapkan dapat membantu usaha pertanian menjadi sukses dan lebih menghasilkan. Pokoknya yg blm punya dan ingin sukses dipertanian, wajib baca buku BPBAG ini. Terimakasih maspary.
Jumadi
pesonajumadi2@gmail.com
pondok cabe, tangerang selatan.

Anonim mengatakan...

Alhamdulillah Buku Panduan Bertani Anti Gagal (BPBAG) sudah keterima dan sudah saya baca dengan cermat hingga tamat. Banyak sekali ilmu cara bertani organik yang saya peroleh seperti pola pemupukan,pengendalian OPT, dan resep cara pembuatan pupuk dan pestisida organik yang bahan bakunya banyak dilingkungan sekitar. Hal ini jika dipraktekkan akan sangat menghemat biaya pengeluaran. Ditambah lagi dapat bonus 3 Ebook special sebagai panduan penanggulangan hama, penyakit, dan gulma tanaman. Trims Maspary.! By. Subagyo, Email : subagyo1677@gmail.com d/a Desa Gantar Kec.Gantar Kab.Indramayu

Anonim mengatakan...

Bukunya mantap, isinya komprehensif, mendetail, mendalam dan bahasanya mudah sekali dipahami. Banyak resep-resepnya dan mudah diterapkan. Sangat membantu meluaskan pemahaman kita. Trimakasih Maspary smga dinilai sebagai ibadah disiNya.
Trims.
Duwi Atmanto,
email: duwiatmanto@gmail.com,
Bombana Sultra.

Anonim mengatakan...

Bukunya sudah sampai,terimakasi ya.buku yang sangat bermanfaat untuk bekal terutama bagi pemula seperti saya yang baru menjadi PPL di BP4K Kab. Pamekasan.Semoga akan ada lagi buku2 yang lain.mungkin perlu ada gambar jenis OPT dan gbr gejalanya biar lebih jls utk pemula.
Nama : Eris Wulandari
Email : wulan.eris@yahoo.com
Alamat : Pamekasan, Jawa Timur

Anonim mengatakan...

Terima kasih bukunya sudah nyampe dengan selamat, BPBAG buku yang bagus, isinya komplit dan bahasanya mudah dipahami, semoga dengan buku ini ilmu saya tentang pertanian dapat berkembang pesat dan saya dapat membagikannya dengan teman2 petani yg lain, salam sukses.
Casuni,
casuni.sh@gmail.com,
indramayu,

Anonim mengatakan...

BPBAG sangat membantu saya dalam menjelaskan kepada petani betapa pentingnya pertanian organik
muhamad revi, revie_jorkam@yahoo.com, jakarta utara

Anonim mengatakan...

Bukunya sangat bermanfaat, mudah dibaca, dan dipahami, semoga buku ini bsa dijadikan panduan bagi para petani di indonesia.
Salam Sukses !
Dadang Suganda
gilangfauzi72@gmail.com
Kec.kramatmulya Kab.kuningan

Anonim mengatakan...

BPBAG mantap buat panduan petani modern yg kreatif dan ingin maju, BPBAG dapat menambah wawasan pengetahuan mengenai kebutuhan tanaman yg sebenarnya, petani harus kreatif seperti pengusaha di bidang yg lain dan BPBAG sangat cocok untuk panduannya.
Johanis G Poluakan,
email: johanisgp@yahoo.co.id,
manado,

Anonim mengatakan...

Terimakasih,, BPBAG sudah sya terima,sungguh sangat2 membantu sya sebagai petani pemula untuk belajar bertani yg di dasari dgn ilmunya, mudah2an dgn adanya buku ini bisa lbh menambah pengetahuan sya dlm bidang pertanian, do'a sya mudah2n penyusun di ridhoi oleh allah SWT, amin.. Di tunggu bonus 3 ebooknya..
NAMA: AHMAD JUMADI
Email: ahmadjumadi715@yahoo.co.id
KOTA: BANDAR LAMPUNG.

Anonim mengatakan...

Nama:Fauzan iqbal
E mail:iqbal2scorp@gmail.com
Alamat:karawang

Aslkm, maaf sya baru kasih testimoni tentang BPBAG. Alhamdulilah ilmu yg ada di buku ini sangat membantu, alhasil panen sekarang sawah sya nyampe 10.6 ton perhektar, sungguh angka yg mengejutkan bagi sya.. terima kasih.

Anonim mengatakan...

Ali#al.bahasyim@ymail.com#Samarinda#
LUAR BISA baru kali ini ane ketemu buku tenatang Pertanian yg berisi seluruh intisari ilmu bertani yg disajikan secara lugas, sederha, dan menyeluruh, terimakasih atas Bukunya agan Maspary

Anonim mengatakan...

Nama suryanto email suryatani31@gmail.com alamat bina bumi rt 08 rw 04 kec meraksa aji kab,tulang bawang lampung.*urip kudu urup* berbagai macam solusi dan teknologi penununjang hasil pertanian akan saya pelajari buku bpbag sangat membantu saya dalam mengatasi gulma/herbi ramah lingkungan resep nya organik kan mas karna saya akan bina petani organik d desa,makasih gerbang pertanian.

Anonim mengatakan...

Dadang Suganda
gilangfauzi72@gmail.com
Kuningan Jawa Barat
Buku BPBAG ini sangat bagus, rapi dan mudah di baca dan dipahami, semoga buku BPBAG ini bermanfaat bagi semua yg telah membacanya dan di khususkan untuk petani sebagai pedoman Agribisnis..

Anonim mengatakan...

Nama bakhtiar email bakhtiartiar641@yahoo.co.id kota soppeng dtestimoni buku ini sangat bermanfaat buat saya karna propesi saya selaku petani dan juga selaku penyuluh .

Anonim mengatakan...

Basuki Arif Wijaya, email: basuki.a.Wijaya@gmail.com, tangerang, testimoni : Isi BPBAG dengan konsep pertanian organik sungguh akan menjaga kelestarian alam yang berujung kesejahteraan petani dan kesehatan manusia yang mengkonsumsi produk organik yang sehat

Anonim mengatakan...

Tq bukunya sdh diterima, Fantastis !!! dilihat dari daftar isinya, Super Lengkap !!! Tinggal konsistensi utk penerapannya, kompetensi usaha semakin luas. Ditunggu sell bonus e-book spesialnya.
Susilawati..,Susi_kapuasraya@yahoo.com..,Kota Kab.Sekadau Kal-Bar..,

Anonim mengatakan...

Terimakasih atas keberadaan BPBAG. Setelah membacanya kita dapat mengetahui kegagalan, kesalahan, serta kekurangan kita selama ini, semoga teman teman petani secepatnya mendapat panduan ini. Semoga indonesia jaya petaninya. trims maspary. Gonongsitumorang@yahooo.co.id.

Anonim mengatakan...


Saya sangat berterimah kasih atas buku panduan bertani anti gagal karena semenjak saya baca saya tahu bawah bertani yang benar itu adalah dengan mengikuti cara buku panduan bertani anti gagal ini
Nama:ramlan idrus sinaga
Email:bennyidris4@gmail.com
Kota tinggal: tebing tinggi sumatra utara

Anonim mengatakan...

Alhamdulillah, BPBAG sdh saya terima dgn baik. BPBAG sangat komunikatif dan membantu saya menyalurkan hobi bertani menjadi lebih baik dan tertib. Terimakasih.
Sri Listriana listriana_sa@yahoo.co.id
bogor

Anonim mengatakan...

Terima kasih mas pary bukunya singkat padat dan mudah dimengerti dan sy sebagai petani pemula sangat terbantu dg adanya buku panduan bertani anti gagal sehingga menambah ilmu bertani saya
Nama: wahyudin
e-mail ; wdin12702@gmail.com

Anonim mengatakan...

Buku BPBAG bener2 top..bahasanya mudah dicerna..pembahasannya mudah dimengerti..sangat berguna untuk menambah ilmu saya di bidang pertanian..terimakasih..ditunggu karya selanjutnya..
Agustina Rosdiani...
email : ina.anasta.toni@gmail.com...
Kab. tasikmalaya

Anonim mengatakan...

Nama: Fajar Basuki Email: fajar4991@gmail.com Kota: Temanggung Terima kasih, BPBAG sudah saya terima. Isinya lengkap, mudah dipahami dan sangat bermanfaat. Salam sukses..!!!

Anonim mengatakan...

Terima kasih, BPBAG sudah saya terima. Isinya lengkap, mudah dipahami dan sangat bermanfaat. Salam sukses..!!!
Nama: Fajar Basuki
Email: fajar4991@gmail.com
Kota: Temanggung

Anonim mengatakan...

Nama: Baltar SK Munthe,ST

E-mail: m.abtara@ymail.com

Kota Tempat Tinggal: Kabanjahe

Testimoni: BPBAG merupakan buku yang mudah di Pahami, terstruktur dalam rangkaian kata, mulai dari masalah tanah sampai hasil panen tanaman, Petani menjadi mudah mengerti bercocok tanam...Terimakasih Gerbang Pertanian...MasPary

Anonim mengatakan...

Makasih atas kiriman BPBAG ,buku yang praktis bermanfaat,mudah dipahami,dan menambah ilmu bagi petani pemula,sehingga tidak takut menggeluti usaha tani budidaya,pokoknya semakin .mantap dengan adanya buku tersebut.semakin jaya petani indonesia.
ditunggu ebooknya

Anonim mengatakan...

Makasih atas kiriman BPBAG ,buku yang praktis bermanfaat,mudah dipahami,dan menambah ilmu bagi petani pemula,sehingga tidak takut menggeluti usaha tani budidaya,pokoknya semakin .mantap dengan adanya buku tersebut.semakin jaya petani indonesia.
ditunggu ebooknya

Anonim mengatakan...

Terimakasih atas kiriman BPBAG,dan fc halaman belakang, buku yang top enak dipahami dan manfaat yang sangat besar, bisa mengubah pola pikir bahwa petani harus menjaga memelihara tanah agar bisa diolah optimal,petani harus mandiri tdk tergantung ppk kimia.smoga dgn bpbag petani indonesia jaya.amin.
Nama triyanta.
email : kangtriyanta@gmail.com

Anonim mengatakan...

Salam tani,

trimakasih maspary BPBAG pesanan sya sdah ditangan,sblumnya smpet was was cz alamat tujuan ada yang salah...

Tolong ebook spesialnya dikirim juga ya, a/n zainal a email (zeinalarfin@gmail.com) tangerang selatan...

Testimoni dari saya,buku ini sudah mewakili dan meringkas semua materi dasar yg saya terima di jurusan agroteknologi...

Bagi petani yang tidak sempat kuliah ga perlu khawatir,buku ini bisa membimbing untuk jadi lebih baik...

Ditunggu edisi lanjutan yg mengupas lebih dalam dan spesifik untuk membangun pertanian indonesia dan juga panduan bagi alumni pertanian untuk terjun kelapangan



Anonim mengatakan...

BPBAG jadi guru sejati untuk petani termasuk saya. Baru kali ini saya mempunyai buku pertanian yang komplet dalam memandu bertani untuk menuju sukses, sehingga BPBAG sangat penting dan berarti bagi saya. Dan BPBAG ini merupakan pedoman dan pegangan untuk menjawab permasalahan petani yang ingin maju. Terima kasih BPBAG, Terima kasih Mas pary. Terima kasih Gerbang Pertanian.

SUKARJI,
maskarjie@gmail.com,
KEDIRI,

Anonim mengatakan...

buku yang cukup lengkap meliputi segala aspek dalam bercocok tanam organik, dengan bahasa yang mudah dicerna buku ini sangat bagus sebagai sumber ilmu bagi pemula dan pelengkap bagi praktisi pertanian.

Nama: andry,
email: hallo_andry@yahoo.com,
kota:pontianak

Anonim mengatakan...

buku ini bagus, sangat membantu saya sbg penyuluh THL-TBPP untuk penyuluhan di wilbin kami. Tmakasih Maspray
Supriyanto,
avicenamart@yahoo.com,
purbalingga,

Anonim mengatakan...

Terima kasih atas penerbitan buku BPBAG yang sangat membantu dan bermanfaat bagi kami petani yang baru terjun ke lapangan sebagai acuan untuk hasil yang lebih meningkat dan maksimal.

Priyanto. L
Anbugeneration4@gmail.com
Sukoharjo, Prov jawa tengah.
Terima kasih mas pary

Anonim mengatakan...


Alhamdulillah bukunya sudah sampai maspary, terima kasih. Setelah membaca BPBAG jadi banyak tahu karena dibuku ini mengupas secara mendalam terkait apa apa saja kendala dlm bidang pertanian serta solusinya & ini sengat membantu sekali dlm menambah wawasan dlm ilmu pertanian.

Muliadi
muliadi84@hotmail.com
Banjarmasin

Anonim mengatakan...

Setelah membaca buku" bertani anti gagal",ternyata bertani itu tidak hanya menanam,memupuk dan mengobati tanaman saja tapi harus tahu tanah yg kita tanam.buku ini jga membahas secara terinci dan dengan bahasa yg mudah dipahami membahas ttg tanah...bagaimana tanah yg baik agar bisa ditanami dgn subur.
agung.
email:agungew@gmail.com.  
dari pemalang

Anonim mengatakan...

Terimakasih maspary bukunya sangat bagus sejak lama saya mencari panduan cara bertani lbh maju dan berorientasi ramah lingkungan, dengan buku panduan bertani anti gagal ini menambah semangat saya untuk dapat segera bangkit dari katerpurukan akibat kerugian bertani tanpa panduan. Sekali lagi saya ungkapkan rasa terimakasih semoga buku ini menjadi penyempurna perjuangan saya bertani sehingga mendatangkan keuntungan yang berlimpah...amiin ..
Awan achmad sahid
asahid778@gmail.com
pangalengan

Anonim mengatakan...

Isi buku lengkap sekali, sangat bermanfaat bagi saya petani pemula. Terimakasih buat Maspary telah menulisnya :)
Nama: Cecep Hermawan
E-mail:  ameliorate7@gmail. com
Kota: Pangalengan, Bandung.

Anonim mengatakan...

BPBAG sangat layak untuk dibaca oleh petani, penangkar tanaman, hobies, karena banyak membahas tentang pertanian terutama bagi yg berpendidikan non pertanian
Nama: Harrisman;
E-mail: haduape@yahoo.co.id;
Kota tempat tinggal: Jl.Cendrawasih No.21-A, Kel.Mencirim, Kec.Binjai Timur, Kota Binjai.

Anonim mengatakan...

Ini buku yang saya cari selama ini. Lengkap berisi petunjuk mulai menyiapkan benih, media tanam, pemupukan dan penanggulangan hama serta penyakit. Sekalipun saya bukan petani namun buku BPBAG sangat menunjang hobi saya berkebun. Semoga menjadi amal jariyah bagi penulis buku ini.
Salam hormat.
Yusak Lubis
Gianyar BALI.
yusaklubis@gmail.com

Anonim mengatakan...

Saya pemula buka lahan pertanian, ternyata setelah membaca BPBAG beberapa halaman depan, banyak perbaikan yang harus dilakukan tidak seperti pertanian asal tanam (konvensional). Mari tingkatkan pertanian kita dan kembali lahan yang hari ini banyak ditinggalkan. Trimakasih Maspary
Fajar sodikin
fajar@sgsakti.com
Cilegon

Anonim mengatakan...

BPBAG mengulas teori bertani yang mudah dipahami sekaligus memberikan cara cara praktis untuk dipraktekkan.
Terus berkarya untuk kemajuan pertanian indonesia.
Nama : Gunes
Email : gunes.tri@gmail.com
Kota : Depok

Anonim mengatakan...

Salam tani....
saya merasa sangat terbantu sekali dengan buku BPBAG ini karena penjabaranya sangat baik dan rinci
banyak sekali ilmu yg bisa saya dapatkan setelah membaca dan mempelajari buku ini.
semua pembahasanya sangat menarik dan bermanfaat mulai dari awal sampai akhir.
terutama mengenai tanah sebagai media tanam dan mengenai pestisida untuk mengatasi OPT semuanya di bahas dan di kupas habis dalam buku ini.
terimakasih mas pary telah membuat buku ini
semoga amal ibadahnya di terima
terimakasih atas ilmu nya
wassalam wr.wb

Nama : Muhammad Arifin
Email : ar_youan@yahoo.co.id
Kota : Pasuruan

Anonim mengatakan...


salam tani
saya merasa sangat terbantu sekali dengan buku ini karna penjabarannya sangat baik dan rinci. Banyak sekali ilmu yg bisa saya dapat setelah membaca dan mempelajari buku ini. Pembahasan yg sangat menarik dan bermanfaat buat saya yaitu mengenai tanah sebagai media tanam dan mengenai pestisida untuk mengatasi OPT. Semuanya dibahas dan dikupas habis dalam buku ini.
terima kasih saya sangat puas dengan buku karangan nya mas pary (gerbang pertanian)
muhammad arifin
ar_youan@yahoo.co.id
kota pasuruan

Anonim mengatakan...

Setelah saya membaca keseluruhan buku bertani anti gagal akhirnya banyak ilmu baru yg saya dapatkan, semua lengkap tentang ilmu pertanian mulai dari media, pupuk hingga penanggulangan hama..yg mana sy minim akan pengetahuan pertanian sehingga membuat sy bersemangat ingin mencoba bertani dan mempraktekan resep2nya...semoga manfaat buku ini dapat meningkatkan minat bertani masyarakat indonesia dan meningkatkan hasil panenya.

Iman teguh b
Aiya2boy@gmail.com
Labuha/bacan-halmahera selatan

Anonim mengatakan...

Terima kasih kiriman buku sdh diterima.
Melihat daftar isinya saja sdh begitu komplit dan segera ingin melahap membacanya sampai tuntas. Sebuah buku yg sangat berguna bagi petani dan pertanian Indonesia. Lengkap, praktis, scientific based but applicable & understandable. Saya akan rekomendasikan kepada rekan2 petani dimanapun saya berkolabirasi dng mereka. Salam Petani Indonesia.
Nama : Bingah Utomo Ts
Email: tbingahutomo@ yahoo.com
Kota : Bogor

Unknown mengatakan...

terimakasih... buku yang luar biasa.
Isinya sangat terstruktur dan komplit, di bahas tuntas faktor utama dan pendukung yang menentukan dalam keberhasilan usaha tani.
dapat dijadikan panduan dan pola pimikiran mendasar dalam berusaha tani yang terpadu, ramah lingkungan, sehat, dan lahan tetap subur.
semoga yg membaca buku ini, petani, pengusaha tani, pendamping petani, sukses dalam berusaha taninya.

Muthohirin
jembrana-bali
muthohirinfadilah@gmail.com

Anonim mengatakan...

Terimakasih, setelah sy membaca buku BPBAG, ini buku yg luar biasa, isi yg komplit, semua faktor utama dan pendukung dalam usaha tani di bahas tuntas, termasuk sikap dan semangat dlm bertani. membentuk/merubah pola pikir tentang berusaha tani yg arif dan bijaksana.
semoga yg membaca buku ini sukses berusaha tani..! Negeri kt subur makmur..!
Muthohirin
Jembrana-bali
muthahirin@yahoo.co.id

Posting Komentar