Jumat, 16 April 2010

HEBATNYA DAUN CENGKEH SEBAGAI PESTISIDA NABATI HAMA GUDANG

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg

Seringkali petani menyimpan benih-benih palawija untuk ditanam kembali dalam waktu yang lama, dan ketika dibuka ternyata banyak hama gudangnya. Entah itu Callusobrocus sp ataupun Sitopylus sp. Saat ini jarang sekali petani yang memperlakukan pengendalian hama terhadap hama gudang. Padahal ada perlakuan menggunakan daun cengkeh untuk mengendalikan hama gudang yang mudah dan murah, mau tau caranya?
  1. Kering anginkan daun cengkeh secukupnya. Daun cengkeh dikeringkan tetapi tidak dijemur tapi cukup diangin-anginkan saja
  2. Potong-potong daun cengkeh tersebut mencadi ukuran kecil-kecil 0,5 cm X o,5 cm.
  3. Sebelum benih dimasukkan, masukkan daun cengkeh tadi sebanyak 2% dari bobot benih.
  4. Batasi antara daun cengkeh dan benih tadi dengan kain bekas (gombal)
  5. Lalu masukkan benih secara perlahan-lahan
  6. Tutupi permukaan benih tadi dengan kain bekas yang lainnya lagi.
  7. Taburi daun cengkeh lagi diatas permukaan kain bekas tadi sebanyak 2% dari total bobot benih.
  8. Tutup rapat benih wadah benih tadi.
Dengan cara tersebut insya alloh benih anda akan aman dari hama gudang sampai saat tiba waktunya akan digunakan. Kenapa daun cengkeh sangat efektif untuk mengendalikan hama gudang, karena didalamnya mengandung senyawa metil eugenol dkk yang sangat beracun bagi serangga dan bakteri. Kalau untuk penyimpanan benih untuk konsumsi penulis belum pernah menyelidiki sejauh mana pengaruh baunya. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk petani maupun penyuluh.

-by maspary-
Terimakasih telah berkunjung ke GERBANG PERTANIAN, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

0 komentar:

Posting Komentar