Sabtu, 04 September 2010

CARA SEDERHANA MEMBUAT HORMON/ ZPT ORGANIK SENDIRI

 photo iklan posting BPBAG 517 x100_zpseeqcylwf.jpg

Salam Pertanian! Zat pengatur tumbuh (ZPT) mempunyai fungsi sangat banyak dalam dunia pertanian. Namun ketika kita mau mengaplikasikannya seringkali kita terkendala oleh harga yang mahal serta barang yang langka di kios-kios pertanian. Kalau tidak salah harga masing-masing ZPT tersebut dengan kandungan sekitar 95 % adalah sekitar 5 jutaan/ Kg. Mungkin karena bahan-bahan tersebut masih impor sehingga harganya sangat mahal. Apa solusinya?
Sebenarnya ZPT sudah terkandung dalam tanaman itu sendiri yang kita sebut dengan hormon tanaman. Jadi ZPT adalah tiruan atau sintetik dari hormon tanaman. Cuma yang jadi masalah adalah kita tidak tahu pada tanaman apa dan bagian tanaman yang mana hormon/ ZPT itu ada serta bagaimana cara kita mengekstrak hormon/ ZPT tersebut.

Saya pernah membaca beberapa literatur yang lupa siapa penulisnya yang mengatakan salah satu cara mengekstrak hormon/ zpt adalah difermentasi menggunakan mikroorganisme. Sehingga kita bisa memperoleh hormon/ ZPT dengan harga murah yang berasal dari tanaman sekitar kita. Caranya adalah:
  1. Kita hancurkan bagian tanaman tersebut boleh ditumbuk ataupun diblender.
  2. Tambahkan tiap Kg bagian tanaman dengan 1 liter air
  3. Tambahkan mikroorganisme pengurai boleh dengan EM4 ataupun MOL.
  4. Biarkan selama kurang lebih 10-15 hari
  5. Saring hasil ekstrak tersebut
  6. Larutan siap digunakan dengan konsentrasi tertentu (harus dilakukan uji coba dulu)
Beberapa bagian tanaman yang bisa digunakan untuk membuat Homon/ ZPT adalah:
  1. Untuk membuat Hormon/ ZPT auksin kita bisa gunakan tauge, bekicot atau keong mas
  2. Untuk membuat Hormon/ ZPT giberelin kita bisa gunakan biji jagung dan rebung
  3. Untuk membuat Hormon/ ZPT sitokinin kita bisa gunakan air kelapa dan bonggol pisang
Namun mohon maaf sebelumnya saya belum pernah mencoba membuat Hormon/ ZPT organik tersebut sehingga belum tahu konsentrsi penggunaan yang tepat. Jadi artikel yang saya tulis diatas hanya sekedar kesimpulan wacana teori dari hasil beberapa literatur yang pernah saya baca. Jika diantara pembaca pernah ada yang mempraktekkan bisa bantu saya menjelaskan ke pembaca melalui forum komentar. Bisa juga melalui email saya: Paryos_ml@yahoo.com. Insya alloh akan saya tampilkan sebagai artikel di GERBANG PERTANIAN.

NB: Jika anda malas membuatnya kini Gerbang Pertanian telah menyediakan ZPT Organik dengan Harga Murah.

-maspary-
Terimakasih telah berkunjung ke GERBANG PERTANIAN, jika ingin melengkapi artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Jika anda menyukai artikel ini bagikan ke rekan-rekan anda dengan mengklik tombol suka dibawah ini..

11 komentar:

Unknown mengatakan...

mampir nich...
oh ea,, ada sedikit info tentang kayujabon, mungkin ada yang pernah tau tentang kayu jabon.
ok,, SALAM....

arvianto mengatakan...

info yang sangat bagus, jadi terinspirasi buat hormon tanaman nih hehe :)

senikehidupan mengatakan...

hai kenalkan sya putu dari bali maua tanya apa sih kegunaan hormon2 ZPT ini dan gimana cara aplikasinya

Abdul Sidik mengatakan...

saya tertarik nich membuat ZPT

Anonim mengatakan...

assalamulaikum
aku boleh minta literatur yang mendukung tulisan ini gak???
tolong kirim ya???
makasih

Amrullah mengatakan...

ternyata setelah saya coba membuat dan saya pakai,tanaman sayuran saya tambah subur

Asroful mutik mengatakan...

Tenkiyuuu.... Bosss....
Sangat bermanfaat....!!

penelitian abi mengatakan...

aku insyaallah mau coba, ..

Anonim mengatakan...

thank's ya,,mo coba dulu..!
mau tanya..
apakah pembuatan auxin bisa menggunakan tauge aja atau keong aja..thank's

Anonim mengatakan...

ada yang tau ngga cara buat hormon sontoso yang buat toge

Anonim mengatakan...

Tanaman cabai tumbuh subur karena urine sapi dan zpt organik

Posting Komentar